Aku dan Negaraku Dan semua tentang Indonesia


Indonesia Di mata Dunia
untitled 
INDONESIA…??
siapa di dunia ini yang tidak mengenal negara indonesia..?
bahkan sejak zaman RASULULLAH pun indonesia sudah dikenal walaupun mungkin bukan dengan nama INDONESIA..
hal itu dikarenakan indonesia dikenal sebagai negara tersubur dengan kekayaan yang melimpah..
dan tahukan anda bahwa banyak nilai plus dari negara yang sekarang dijuluki negara terkorup sedunia..
1. Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni) . Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2)
indonesia2-300x150
2. Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.
pelayaran-300x207
3. Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60% hampir penduduk Indonesia (sekitar 130 jt jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.
Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.
Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.
jawa-300x189
4. Monumen Budha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).
borobudur-300x200
5. Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu : Pithecanthropus Erectus yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.
pekingthr1-300x200
6. Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.
perang-dunia-ii1-300x214
7. Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambing supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002).
bulu-tangkis1-194x300
8. Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia)terumbu-karang-225x300
9. Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.
hiu-300x225
10. Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.
rafflesiaarnflw1
banggakah anda menjadi warga negara INDONESIA??
republik_indonesia_by_pistonbroke


indonesia_flag
KEBIASAAN ANEH ORANG INDONESIA
Tulisan ini bukanlah utk bersifat menjelek2an bangsa sendiri.
ini hanya heran saja dengan kebiasaan orang2 yang ts temui pada umumnya dikehidupan sehari - hari.
ini tidak mengerti kenapa mereka melakukannya padahal sebetulnya tidak perlu dilakukan.
berpuluh tahun ts hidup di Indonesia, dan selama itu pula ts melihat kebiasaan - kebiasaan yang menurut ts aneh. Ada yang di jalan raya, atau dalam bersosialisasi
Ingat, ini hanyalah pendapat pribadi tanpa maksud buruk sama sekali. Hanya utk hiburan dan mengembangkan senyum para kalkuser.
Berikut ke sebelas kebiasaan tersebut:
1. KEtika di jalan raya, setiap kali ada kendaraan (mobil, motor, truk, dll) ingin berbelok (ke kiri atau kanan), mereka selalu melambai2kan tangan (jawa: Mengawe - awe). Padahal khan kendaraan mereka khan ada lampu sein-nya toh?? Bukankah lebih mudah menggerakkan jari sejauh satu inchi utk menyalakan lampu sein daripada menggerak2kan seluruh tangan ke atas - bawah??
2. Kalau ada orang menyeberang jalan lewat zebra cross, mereka juga selalu melambai2kan tangan. Padahal lambaian tangan mereka itu seperti memanggil orang utk mendekat kepada mereka, bukankah itu malah menyuruh kendaraan bermotor utk menabrak mereka??
3. Trus, kalo kita jalan2 diperumahan yang semi - semi kampung, atau memang bener - bener kampung, biasanya ada tanda jalan yg bertuliskan “Pelan2 banyak anak kecil”. Permasalahannya adalah, seringkali pertanda itu ditaruh di sisi kiri jalan yang notabene memakan sebagian badan jalan. Sudah tahu jalannya kecil, kok malah di taruh palang yg gak penting. Khan bisa saja di taruh di pinggir, tak perlu sampai menghalangi kendaraan. Malah buat macet…
4. Belum lagi kalo kita melewati pertigaan, ts heran dengan orang2 yang menaruh sebuah Tong ditengah jalan. Mungkin maksudnya utk mengatur alurnya kendaraan. Tapi menurut ts malah mempersempit dan mempermacet jalan. Ambil Tong itu, selesai kan? Tanpa Tong itu pun, alur lalu lintas lebih lancar.
5. Kalo ada orang meninggal, biasanya mereka menaruh Karangan Bunga di depan mobil ambulansnya. Fungsinya apa??? Mungkin utk memberitahu bahwa ada yg meninggal, tapi khan lak yo gak penting seh… Udah ada tulisan mobil jenazah lewat, trus ada nguing - nguingnya, ada iring2an mobil, orang lain juga sudah tahu kalo ada yg meninggal.
6. Ketika sedang mendengarkan ceramah pejabat, orang - orang yg ndengerin tuh ceramah pada ngangguk2 semua. Jadi kalo ceramahnya dua jam, ya selama dua jam itu pula kepala mereka bergoyang2 kaya boneka kecil yg biasa ditaruh di dashborad mobil itu. Apa ngga capek??
7. Trus, coba deh kalian perhatikan kalo ada Pejabat yg ngomong di depan kamera, para anak buahnya bakal ngumpul di belakang utk ikutan nampang di kamera. Dan seperti biasa, mereka juga bakal ngangguk2 gak jelas.
8. Kalo ts bersalaman dengan orang - orang, mereka kebanyakan setelah bersalaman menaruh tangan kanannya ke dada. Nda tahu maksudnya apa… padahal tangan lawan salaman mereka juga nda ada yg spesial.
9. Di daerah perkampungan, kalo ada rumah yang sedang punya hajatan, biasanya mereka mendirikan terop/tenda. Lha, habis itu, mereka pasang itu yg namanya Speaker Ribuan Watt. Pasang aja sih nda papa, yg jadi masalah mereka itu nyetel lagu DANGDUT REMIX yang nguuuuuuilani soro… Udah nyetelnya kencang banget, judul lagunya “Mandul” pula. Yeekksss….
10. Terakhir, Setiap kita mau parkir di toko2 atau restoran, biasanya ada tulisan “Bebas Parkir”. ts setiap kali melihat tulisan itu ingin ketawa rasanya. Karena sebetulnya orang2 yg menulis itu pasti tidak lulus UNAS Bahasa Indonesia. Sekarang, logikanya gini aja kalo di dalam rumah sakit atau restoran, sering ada tulisan “Bebas Rokok”, bukan? Artinya kita tidak boleh merokok, karena area tsb bebas(bersih) dari rokok. Lha, kalo ada tulisan “Bebas Parkir”, artinya area tersebut bersih(bebas) dari kendaraan yg parkir. Trus, kenapa kita malah disuruh parkir di situ?? Betul tidak?
11. tambahin dong…..
KEBIASAAN BURUK ORANG INDONESIA
Dari judul postingan ini bukan berarti ingin merendahkan atau menjelekkan saudara/bangsa kita sendiri. Tapi dari realita yang terjadi sehari-hari memang seperti itu kondisi masyarakat kita terutama disiplin pada aturan-aturan yang ada.
Kondisi ini terjadi di sebuah rumah sakit di daerah jakarta. Waktu itu aku mengantar anakku kontrol rutin pertiga bulan untuk memeriksa kondisi jantungnya pasca operasi 1,5 th yang lalu.
Saat itu seperti biasa aku berusaha tertib pada aturan yang ada.  Pertama mengambil nomor antrian di mesin semacam atm dengan berbaris sesuai dengan kedatangan kita. N0mor antrian telah ku pegang, mulailah menunggu di tempat yang telah disediakan karena nomor yg kupegang masih jauh dengan nomor antrian yang tertera pada display diatas meja pelayanan.
Saat menunggu nomor antrian dipanggil aku perhatikan kok banyak orang yang berdiri di mejal pelayanan. Aku iseng mendekati meja pelayanan ingin tau ada apa kok sampai banyak orang seperti itu.
Kuhampiri meja pelayanan ternyata orang-orang tersebut yang berada disana mengantri untuk dilayani oleh petugas disana. Padahal ku lihat nomor antriannya masih lama dan sudah disediakan tempat duduk untuk menunggu antrian.
Sebetulnya mereka gak perlu berjubel atau mengerubungi mej pelayanan tsb. Mereka duduk manis sambil perhatikan dan mencocokkan nomor antrian yang dipegang dengan nomor display yang ada di meja pelayanan tsb tanpa harus cape-cape berdiri dan tidak akan dilayani oleh petugas karena nomor antrian yang tidak sesuai.
Dalam hatiku inilah kebiasaan buruk masyarakat indonesia. Sudah disiapkan tempat yang layak tapi tidak mau dipergunakan sebaik-baiknya. Kalo tidak disiapkan tempatnya,  sumpah serapah dan protes terlontar dari mulut mereka karena merasakan ketidaknyamanan. Dan aku hanya merasa prihatin dengan sikap mereka yang berjubel memadati meja pelayanan. Aku hanya berpesan pada anakku jangan sampai meniru kebiasaan yang kurang baik tsb.
Tak lama giliran nomor natrianku sesuai dengan display dimeja pelayanan. Selesai mendaftar segera ku menuju ruang praktek dokter yang akan memeriksa anakku.
Pada saat menunggu dipanggil oleh suster yang mendampingi dokter dalam melayani pasien-pasiennya, aku menemukan lagi kebiasaan buruk orang indonesia. Yaitu meninggalkan berkas/file para pasien. Berkas/file tersebut sangat penting karena berisi data-data pribadi pasien, riwayat kesehatan para pasien yang sedang ditangani oleh dokter ybs. Seandainya berkas itu ada yang hilang atau selip entah kemana. Atau ada orang yang dengan sengaja mengambil dan memanfaatkan berkas/file tsb untuk kejahatan.
Pastinya pasien yang merasakan dampaknya seandainya berkas/file tersebut hilang. Dokter tidak akan tau sudah sejauh mana penanganan yang sudah dilakukan, obat apa saja yang sudah diberikan dan dampaknya bagus atau tidak. Ada perubahan atau tidak dengan obat yang sudah diberikan.
Atau seandainya diambil orang yang ingin memanfaatkan untuk kejahatan, dengan berbekal berkas/file tsb mengelabui pasien dengan berbohong  kalau penyakitnya bisa disembuhkan melalui cara orang tersebut dengan cepat tanpa perlu kontrol yang membosankan. Tetapi cara-cara orang tersebut dilakukan hanya ingin meraup keuntungan diatas penderitaan orang.
Kejadian ini kulihat disalah satu rumah sakit didaerah jakarta. Dari kejadian ini aku hanya bisa berharap semoga kedepannya masyarakat kita bisa lebih membudayakan sikap disiplin dimanapun berada. Bukan membiasakan budaya diselipin.

Bangsaku . Negaraku , Bahasa ku , kebanggaanku, Dan Tempat tinggalku  Adalah Indonesia



 

 


Ini Dia Beberapa Fakta Aneh dan Unik Tentang Presiden dan Wakil Presiden RI:
Presiden termuda: Soekarno (44 tahun, 2 bulan).

Presiden tertua:
- saat mulai menjabat: BJ Habibie (61 tahun, 11 bulan).
- saat jabatan berakhir: Soeharto (76 tahun, 11 bulan).

Presiden dengan umur terpanjang: Soeharto (86 tahun, 7 bulan).


Presiden terlama: Soeharto (31 tahun, 2 bulan).


Presiden tersingkat: BJ Habibie (1 tahun, 5 bulan).


Wakil Presiden termuda: Moh. Hatta (43 tahun, 6 hari).


Wakil Presiden tertua:

- saat mulai menjabat: Boediono (66 tahun, 8 bulan).
- saat jabatan berakhir: Jusuf Kalla (67 tahun, 5 bulan), Boediono akan berumur 71 tahun jika menjabat hingga 2014.

Wakil Presiden dengan umur terpanjang: Sudharmono (78 tahun, 10 bulan).


Wakil Presiden terlama: Moh. Hatta (11 tahun, 4 bulan).


Wakil Presiden tersingkat: BJ Habibie (2 bulan, 10 hari).


Diah Permata Megawati Setiawati Soekarnoputri merupakan Presiden sekaligus Wakil Presiden dengan nama terpanjang.


Megawati Soekarnoputri merupakan Presiden sekaligus Wakil Presiden wanita pertama, dan satu-satunya hingga saat ini.


Megawati Soekarnoputri merupakan Presiden sekaligus Wakil Presiden pertama yang lahir setelah Indonesia merdeka, dan satu-satunya Wakil Presiden hingga saat ini yang lahir setelah Indonesia merdeka.


Soekarno merupakan Presiden dengan nama terpendek.


Boediono merupakan Wakil Presiden dengan nama terpendek


BJ Habibie merupakan satu-satunya Presiden yang lahir di luar Pulau Jawa.


Moh. Hatta merupakan satu-satunya Wakil Presiden yang menjabat di lebih dari 1 kali masa jabatan.


Selain Megawati, semua Presiden dan Wakil Presiden menggunakan kopiah pada foto resminya.


Soekarno memegang rekor sebagai Presiden dengan jumlah menteri terbanyak dalam sejarah kabinet di Indonesia, yakni 132 menteri pada Kabinet Dwikora II pada tahun 1966.


Abdurrahman Wahid merupakan satu-satunya presiden yang tidak pernah melaksanakan pemilu selama masa pemerintahannya.


Soekarno merupakan satu-satunya Presiden yang mendapat gelar Pahlawan Nasional.


Soekarno merupakan Presiden dengan jumlah istri dan anak terbanyak, yakni 9 istri dan 10 anak.


Hamengku Buwono IX merupakan Wakil Presiden dengan jumlah istri dan anak terbanyak, yakni 5 istri dan 22 anak.


Hamzah Haz merupakan Wakil Presiden pertama yang berumur lebih tua dibandingkan pendahulunya.


Belum pernah ada Presiden yang berumur lebih tua dari pendahulunya.


Hamengku Buwono IX merupakan satu-satunya Wakil Presiden yang meninggal di luar Indonesia, yakni di Washington, D.C., Amerika Serikat.


Pres/Wapres yang gambarnya pernah digunakan dalam mata uang Rupiah:

- Soekarno, berbagai pecahan antara 1945-1967 dan Rp 100.000 edisi 1999, 2004, dan 2009.
- Soeharto, Rp 50.000 edisi 1993 dan 1995.
- Hamengku Buwono IX, Rp 10.000 edisi 1992.
- Moh. Hatta, Rp 100.000 edisi 1999, 2004, dan 2009.

Pres/Wapres yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional:

- Soekarno, dianugerahi tahun 1986 oleh Presiden Soeharto.
- Moh. Hatta, dianugerahi tahun 1986 oleh Presiden Soeharto.
- Adam Malik, dianugerahi tahun 1998 oleh Presiden Habibie.
- Hamengku Buwono IX, dianugerahi tahun 2003 oleh Presiden Megawati.

Pres/Wapres yang pernah merangkap jabatan:

- Soeharto: Menteri Pertahanan (1966-1973), Panglima ABRI (1968-1973).
- Moh. Hatta: Perdana Menteri (1948-1950), Menteri Pertahanan (1948-1949).
- Hamengku Buwono IX: Gubernur DIY (1945/1950-1988). 

2 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar di bawah sini . Bentuk Promosi akan di SPAM Terima Kasih